PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN
Promosi bukanlah merupakan sarana tunggal, melainkan terdiri dari bauran beberapa saran promosi meliputi periklanan, penjualan personal, promosi penjualan hubungan masyarakat dan pemasaran langsung serta aktivitas promosi berhubungan erat dengan aktifitas komunikasi. Kerin mendefinisikan komunikasi sebagai proses penyampaian pesan produk dan jasa dari produsen ke konsumen.
TAHAPAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF :
- Mengidentifikasi target konsumen;
- Menentukan objektif komunikasi;
- Merancang pesan;
- Memilik media komunikasi
- Pemilihan pengiriman pesan
- Pemilihan alat komunikasi pemasaran
- Mengumpulkan umpan balik
Periklanan
Objective iklan produk dikalsifikasikan ke dalam tiga tujuan utama yaitu
- Informative advertising : Memberikan informasi tentang iklan tersebut
- Persuasive advertising : mengajak agar menggunakan produk tersebutt
- Reminder advertising : Membuat konsumen mengingat produk tersebut
- Iklan advokasi,
- Iklan informasi.
- Iklan kompetitif
- Iklan reminder atau pengingat,
Promosi Penjualan
Promosi penjualan merupakan elemen kunci dalam bauran promosi. Periklanan dan penjualan tatap muka kerapkasli bekerja beersama-sama dengan promosi penjualan. Dimana periklanan dan penjualan tatap muka. menawarkan alas an untuk membeli produk atau jasa. Sedangkan promosi penjualan menawarkan alas an untuk membeli sekarang. Tahapan pengembangan promosi penjualan diawali dengan memutuskan ukuran insentif, kemudian merancang kondisi konsumen, lalu memutuskan bagaimana metode mempromosikan, dan mendistribusikan program promosi, setelah itu memutuskan periode promosi, terakhir mengevaluasi dampai upaya promosi yang diterapkan
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar