Kamis, 13 Oktober 2011

Peran Pemasaran Dalam Perusahaan


PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN
Sebagian orang keliru dengan persepsi promosi dan penjualan, pada dasarnya konsep inti pemasaran adalah tranksaksi sehingga tercapainya pertukaran. Setiap orang berusaha pada dirinya sendiri untuk mendapatkan apa yang dia butuhkan.
Pertukaran terbagi  menjadi dua, yaitu : pertukaran tersebar yang melihat orang lain sebagai  pembeli dan tidak bertumpu pada satu tempat, pertukaran terpusat adalah pertukaran yang bertumpu pada satu tempat yang disebut pasar.
Bauran Pemasaran
bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran. Bauran pemasaran terbagi menjadi 4, yaitu :
1.      Product (Produk).
Produk merupakan hasil dari kegiatan produksi perusahaan yang nantinya akan di jual perusahaan atau barang yang dibeli perusahaan untuk dijual kembali kepada konsumen akhir (bagi perusahaan dagang).
2.      Price (Harga)
Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.
3.      Promotion (Promosi)
Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dapat mengarahkan organisasi atau seseorang untuk menciptakan transaksi antara pembeli dan penjual.
4.      Saluran Distribusi ( Place )
Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan.
Pasar
Merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi sehingga tercapai pertukaran untuk pemenuhan kebutuhan.
PEMASARAN
Merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.

SUMBER :
http://massofa.wordpress.com/2008/01/25/peran-pemasaran-dalam-perusahaan-dan-masyarakat/
http://www.ardy.biz/2010/10/makalh-manajemen-pemasaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar